Saturday, May 4, 2013

JR# 9 BMC ( BISNIS MODEL CANVAS )

Contoh BMC
          BMC ( bisnis model canvas ) adalah tata cara awal  bagaimana sebuah bisnis itu berjalan. Dari BMC kita akan mempelajari bagaimana menerapkan sebuah bisnis yang akan kita jalankan, didalam bisnis model canvas kita akan mempelajari 9 macam unsur yang di mana unsur ini akan saling berurutan mulai dari pemasaran, kerjasama hubungan costumer sampai biaya dan value atau harga. Mari kita pelajari satu persatu unsur tersebut :
  1. Patner key : Patner key adalah kunci patner bisnis kita dengan siapa kita akan menjalankan bisnis dan dengan siapa  akan mempercayakan bisnis itu untuk bisa kita ajak bekerja sama supaya bisnis itu  berjalan dan berkembang.
  2. Key activiti : Kunci activity adalah serangkaian activity yang sedang berjalan dalam sebuah bisnis sebagai contoh misalnya bisnis sebuah warteg jadi key activity disini memberi gambaran kepada kita activity yang kita jalankan untuk membuka warteg tersebut mulai pembelanjaan, pemasakan sampai penyajian
  3. Value proposition : Nilai promosi atau nilai harga yang bersaing yang kita tawarkan kepada consumer supaya membeli produk kita, karena nilai promosi sangat berperan untuk menarik pelanggan disini jadi value atau nilai tersebut juga akan berpengaruh pada produk yang sudah berada di estalase dan sudut pandang pembeli.
  4. Costumer relationship : Hubungan dengan costumer tidak kalah penting di sebuah bisnis. Dengan adanya hubungan yang baik antara costumer dengan sales atau penjual itu akan memberi daya tarik kepada costumer sehingga mereka merasa nyaman dan akan kembali ke toko kita untuk belanja atau makan lagi.
  5. Costumer segment : Segmentasi costumer itu wajib di baca atau di teliti setiap pemula bisnis karena segmentasi juga akan menerapkan dah menjadikan layanan bahkan produk kita pas sasaran contohnya bisnis makanan atau kue pada siapa kita kan menjual, berapa kita akan jual dan kenapa kita menjual kepada mereka.
  6. Key Resource : Kunci sumber daya kerjasama yang baik akan menghasilkan sebuah bisnis yang baik. Kunci sumber daya ini adalah misalnya bisnis kue dimana kue ini akan anda setorkan dan anda jual.
  7. Channel : Saluran ini lah point yang sangat penting tanpa adanya channel atau saluran yang menghubungkan kita pada costumer bagaimana mereka mengetahui bahwa kita sedang atau akan mendirikan bisnis channel disini bisa berupa langsung dan tidak langsung. Langsung ( mulut ke mulut) tidak langsung bisa berupa ( internet, phone bahkan sarana lainya poster, brosur dll )
  8. Cost Structure : Struktur biaya setiap bisnis tentu kita ingin menghasilkan laba. Nah kalau structure biaya kita baik tentu laba akan kita terima secara baik pula cost structure ialah cost atau biaya dari seluruh biaya yang digunakan dalam pengelolan bisnis tersebut dari yang kecil sampai yang besar misalnya pembelanjaan bahan baku sampai gaji karyawan.
  9. Renew structure : adalah hasil tambahan yang bisa kita peroleh di samping hasil utama dari bisnis tersebut.
         Sedikit ulasan tentang unsur BMC dan bisnis model canvas secara  langsung memacu kita untuk selalu merubah setiap langkah yang ada sebagai perubahan atau mungkin inovasi yang setiap saat kita curahkan ke canvas dulu sebelum kita terapkan di bisnis nyata. Sebuah bisnis belum dibilang sukses kalau belum bisa menerapkan sembilan unsur dan sembilan perubahan.... Selamat mencoba dan sukses selalu.

0 comments:

Post a Comment