Segmentasi pasar dibutuhkan untuk pengembangan pasar, sebuah market melalui cara pemuasan yang berbeda dari sebuah kebutuhan yang spesifik atau pengharapan dari konsument tertentu. Kkemampuan seorang komunikasi dalam pembagian segmentasi berpengaruh terhadap pesan yang akan disampaikan dalam pemasaran atau promosi strategi segmentasi. Maka strategi segmentasi menjadi sangat penting untuk menghemat energi dan efisienasi komunikasi, dari pembagian segmentasi diperoleh pembagian asumsi-asumsi penting khususnya dalam menentukan stimulus yang kuat bagi sasaran komunikasi:
4 langkah strategi pasar:
- Segmentasi pasar ( geografis, demografis, psikologi, prilaku )
- Target
- Difrensiasi
- Positioning
Kenapa segment pasar sangat diperlukan?
- Karena pasar belum bisa memenuhi kebutuhan.
- Tidak bisa hanya dengan mengunakan produk atau jasa saja untuk memenuhi kebutuhan segmentasi.
- Efektif dan efisien karena kalau kita tidak melakukan segmentasi sementara yang lain melakukan segmentasi kita akan kalah dengan mereka.
Setelah melakukan segmentasi pasar kita akan lebih mudah membagi dan membedakan costumer sesuai kebutuhan, heterogen ke homogen.
0 comments:
Post a Comment